Kamis, 03 April 2014

BUDI DAYA TANAMAN HIAS sebagai PBKL di SMAN 3 Payakumbuh



homepage
 
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL)
Budidaya Tanaman Hias dan Pemanfaatannya
By: HARFIANTO INDRA

Tujuan Pembelajaran Muatan Lokal berupa  Budi Daya Tanaman Hias di SMA Negeri 3 Payakumbuh secara umum adalah : agar siswa
  Mengenal jenis dan variasi tanaman hias dengan ciri-cirinya sebagai bagian ilmu biologi.
  Memahami syarat tumbuh tanaman hias berdasarkan jenisnya.
  Memahami pertumbuhan dan perkembangbiakan tanaman hias sesuai dengan jenisnya.
  Memahami perawatan & pemupukan tanaman hias.
  Memahami hama dan penyakit pada tanaman hias.
  Memahami nilai ekonomi yang dapat dikembangkan dari budi daya tanaman hias.
  Menyusun analisis usaha pada budidaya tanaman hias dalam skala kecil.
  Menjelaskan strategi pemasaran produk budidaya tanaman hias.

Tujuan khusus PBKL bagi Peserta didik:
1.Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya daerah tempat siswa berada;
2.Memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai lingkungan daerah yang berguna bagi dirinya, masyarakat, dan negara;
3.Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan yang berlaku di daerah, serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur   budaya daerah dalam rangka menunjang pembangunan nasional
4.Berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat dan pemerintah daerah.
5.Memiliki bekal pengetahuan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Manfaat PBKL             
Bagi peserta Didik
·   Memberikan rasa percaya diri, hal ini dapat terjadi karena peserta didik akan memiliki kompetensi yang spesifik dan berbeda dengan kompetensi peserta didik  dari sekolah lain;
·   Memberikan pengetahuan yang mendalam akan lingkungan sekitar sehingga memiliki keterampilan memecahkan masalah yang ada di sekitar lingkungan;
·   Memahami nilai-nilai budaya daerah sehingga akan membentuk karakter yang baik pada setiap peserta didik

Bagi Sekolah:
·   Terciptanya kebersamaan pada warga sekolah karena memiliki komitmen yang sama untuk mengusung “Tema PBKL”;
·   Terbentuknya iklim dan budaya sekolah yang kondusif;
·   Terwujudnya suasana belajar mengajar  yang  kondusif;
·   Memiliki nilai jual kepada masyarakat

Bagi Pemerintah:
·   Meningkatkan kecintaan terhadap daerah yang akan sekaligus berdampak mengurangi arus urbanisasi;
·   Mengurangi angka pengangguran, karena lulusan dari sekolah yang mengimplentasikan PBKL akan memiliki jiwa entrepreneurship yang cukup tinggi.-------------------------------------


  
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar